Cara Mengecilkan Ukuran Foto Secara Online dan Offline

Cara Mengecilkan Ukuran Foto Secara Online dan Offline

Cara Mengecilkan Ukuran Foto Secara Online dan Offline – Kebanyakan dari kita memiliki keinginan untuk menyimpan atau mengunggah foto ke media sosial untuk mengabadikannya atau hanya sekedar mengupdate kegiatan yang sedang kita lakukan. Namun, sayangnya kebanyakan media sosial memiliki batas maksimal ukuran file yang ingin di unggah.

Berikut beberapa alasan yang biasanya menjadi alasan untuk mengecilkan ukuran foto.

  • Adanya batasan ukuran berkas saat mengungah foto/gambar
  • Ukuran file asli foto terlalu besar untuk dibagikan lewat media sosial
  • Memori handphone tidak cukup untuk menyimpan file foto dengan ukuran besar

Bagaimana cara mengecilkan ukuran foto?

Bagaimana cara mengecilkan ukuran foto
Cara mengecilkan ukuran foto gampang tanpa ribet.

Untuk dapat mengecilkan ukuran foto, ada beberapa cara yang biasa digunakan, salah satunya adalah kompres foto secara online dan offline. Kompres foto secara online berarti membutukan koneksi internet namun cara ini dinilai lebih cepat ketimbang menggunakan metode kompres foto offline yang tidak menggunakan koneksi internet namun dibutuhkan skill edit photoshop atau aplikasi semacamnya.

Beberapa situs gratis di internet di bawah ini memiliki fitur untuk mengecilkan ukuran foto.

Apa itu kompres foto?

Kompres merupakan istilah umum yang digunakan dalam kegiatan data compression. Data compression adalah proses mengurangi/memangkas ukuran file atau dokumen baik secara tunggal maupun jamak. Ketika suatu dokumen dikompres, maka ukuran data lebih kecil dan dapat disimpan dengan versi ringan serta dapat ditransfer dengan lebih cepat dan yang penting tidak merubah isi didalamnya.

Namun dalam kasus ini kompres foto akan mempengaruhi gambar, mengurangi ketajaman gambar, dan mengurangi resolusi gambar.

Dalam proses kompresi data umumnya dikenal dua jenis kompresi, yaitu kompresi dokumen dan kompresi media. Kompresi dokumen merupakan mengecilkan ukuran dokumen seperti Word, Excel, PDF, dan sebagainya.

Sedangkan, kompresi media mencakup proses mengecilkan ukuran media seperti JPEG, MP3, MPEG, JPG, PNG dan sejenisnya. Sehingga, mengecilkan ukuran foto masuk dalam jenis kompresi media.


Ada banyak cara untuk mengecilkan ukuran foto atau gambar. Tapi, ada dua metode untuk mengecilkan ukuran foto yaitu secara online dan offline.

Kompres ukuran foto secara online

Kompres ukuran foto secara online
Ilustrasi mengkompres foto dengan metode online.

Mengkompres foto secara online memiliki kelebihan tersendiri yaitu kita tidak perlu menginstal aplikasi tertentu untuk melakukan kompres. Kita hanya cukup melakukannya dengan mengakses website penyedia layanan kompres, jadi lebih efisien waktu dan efisien memori storage.

Sedangkan kekurangan dalam melakukan kompres secara online ini adalah kurangnya fitur editing tambahan jika kita ingin mempercantik atau memiliki kebebasan untuk mengatur ukuran pada foto yang akan di kompres.

Kamu bisa mengecilkan ukuran foto dengan cara online lewat beberapa situs dengan akses gratis dan mudah. Adapun situs-situs yang dapat digunakan untuk mengecilkan ukuran foto antara lain adalah sebagai berikut.

1. Kompres foto dengan Compress JPEG

Situs lain yang cukup populer untuk mengecilkan ukuran foto adalah Compress JPEG. Kamu hanya perlu mengakses situs Compress JPEG.

Setelah membuka situs tersebut, pilih jenis file yang akan di kompres. Situs Compress JPEG memiliki empat bilik kompresi, yaitu JPEG, PNG, GIF, dan PDF. Maksimal file yang dapat dikompres secara massal adalah 20 buah.

Cara untuk mengecilkan ukuran foto cukup mudah, yaitu kamu unggah foto yang ingin dikompres pada pilihan bilik kompresi sesuai jenis file. Kamu bisa mengunggah foto dengan jenis JPG, JPEG, dan PNG lalu tunggu sampai pemrosesan dilakukan. Setelah itu, klik Download setelah kompresi selesai dilakukan dengan persentase tertentu.

2. Kompres foto dengan Tiny PNG

Situs lainnya untuk mengecilkan ukuran foto adalah Tiny PNG. Hampir semua situs untuk mengecilkan ukuran foto memiliki langkah yang sama, terlebih Tiny PNG ini. Adapun kemampuan situs ini adalah mampu mengoptimalkan ukuran foto dengan jenis file JPEG dan PNG dengan ukuran hingga 5 MB dan bisa sekaligus mengkompres dengan maksimal 20 gambar.

Cara untuk mengecilkan ukuran foto dengan Tiny PNG dapat dilakukan dengan hanya mengunggah dokumen foto yang ingin dikompres ke dalam situs. Setelah itu, tunggu hasil kompresi lalu mengunduhnya.

3. Kompres foto dengan I Love IMG

Berikutnya yang bisa mengecilkan ukuran foto tanpa ribet adalah I Love IMG, klik tautan ini untuk langsung menuju situsnya atau mencari kalian bisa mencarinya di search engine.

Setelah membuka situs, klik “Select Images” kemudian pilih foto mana yang hendak kamu kompres. Setelahnya, tunggu beberapa detik untuk mendapatkan hasil dari kompresi foto tadi. Kamu dapat mengecilkan ukuran foto dan mengunduhnya dengan mudah lewat situs I Love IMG ini.


Kompres ukuran foto secara offline

Kompres ukuran foto secara offline
Tidak membutuhkan jaringan internet dan bisa dilakukan kapanpun.

Berbeda dengan kompres secara online. Kompres secara offline ini memiliki kelebihan yaitu kita lebih banyak mendapatkan fitur dan tools extra untuk mempercantik foto dan kita dapat lebih bebas untuk melakukan proses kompresi pada foto.

Adapun kekurangan dalam melakukan kompres foto secara offline ini adalah kita diharuskan mengunduh software tertentu untuk melakukannya yang tentunya akan memakan banyak kuota dan memori penyimpanan pada device.

Kamu bisa mengecilkan ukuran foto secara offline lewat beberapa software di bawah ini gratis dan mudah. Berikut ini daftar software yang dapat digunakan untuk mengecilkan ukuran foto.

1. Mengecilkan ukuran foto lewat aplikasi Photoshop

Untuk dapat menggunakan aplikasi Adobe Photoshop, kamu harus terlebih dahulu mengunduh dan memasangkannya pada perangkat laptop milikmu. Setelah itu, kamu bisa mulai mengecilkan ukuran foto lewat aplikasi tersebut dengan langkah-langkah sebagai berikut,

  1. Buka aplikasi Adobe Photoshop pada laptop
  2. Pilih “Menu
  3. Pilih “Image Size
  4. Buka foto yang ingin dikompres
  5. Pilih opsi “Image” lalu “Image Size
  6. Pilih ukuran gambar pada opsi “Fit to” lalu klik “OK
  7. Tentukan ukuran foto lewat opsi “Weight” dan “Height
  8. Klik “OK
  9. Klik “Save” untuk menyimpan foto dengan ukuran baru

2. Mengecilkan ukuran foto lewat aplikasi Paint

Sebagai aplikasi bawaan Windows, Windows Paint ternyata memiliki kemampuan mendasar untuk mengecilkan ukuran foto. Kamu bisa mengakses aplikasi ini dengan mencarinya pada menu Windows secara langsung. Berikut ini adalah langkah-langkah mengecilkan ukuran foto dengan aplikasi Paint.

  1. Buka aplikasi Paint
  2. Buka dokumen foto yang ingin dikompres lewat opsi “File” lalu “Open
  3. Pilih foto yang akan dikompres dan klik “Open” pada folder dokumen
  4. Klik “Home” pada aplikasi Paint atau toolbar
  5. Klik “Resize
  6. Tentukan persentase piksel sesuai keinginan atau secara otomatis
  7. Klik “OK” jika telah menentukan ukuran
  8. Proses mengecilkan foto sudah selesai

3. Mengecilkan ukuran foto dengan Image Resizer for Windows

Salah satu aplikasi ringan dengan ukuran sekitar 901 KB untuk proses kompresi foto adalah Image Resizer. Kamu bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengecilkan ukuran foto. Tapi terlebih dahulu kamu harus mengunduh aplikasi tersebut.

Setelah itu, kamu cukup membuka aplikasi di perangkat laptopmu dan ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Lakukan instalasi aplikasi Image Resizer
  2. Buka folder di mana foto yang ingin dikompres berada
  3. Klik kanan pada gambar orisinil tersebut
  4. Pilih “Resize pictures
  5. Pilih ukuran gambar yang diinginkan seperti “Small”, “High”, “Large”, Phone”, dan juga ukuran sesuai keinginan
  6. Klik “Resize
  7. Secara otomatis gambar dengan ukuran baru akan tersimpan di folder tersebut

Nah, Itulah penjelasan tentang Cara Mengecilkan Ukuran Foto Secara Online dan Offline. Semoga artikel ini bermanfaat.

Tinggal di Jakarta dan menjadikan blog sebagai hobi sekaligus penghasilan sampingan. Jika ingin lebih tau tentang saya silahkan kunjungi halaman kontak. Mari berteman!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

close