Cara Mencari Aged & Expired Domain Tanpa Aplikasi

Cara Mencari Aged & Expired Domain Tanpa Aplikasi

Cara Mencari Aged & Expired Domain Tanpa Aplikasi – Untuk mengetahui perbedaan aged domain & expired domain silahkan mencari informasi lebih lanjutnya di Google. Intinya kedua tipe domain tersebut memiliki kelebihan dalam hal SEO ketimbang mendaftarkan domain baru yang benar-benar dari nol.

Umur domain yang tua tidak serta merta berbanding lurus dengan kualitas domainnya, jadi untuk mencari domain aged & expired yang berkualitas dibutuhkan tools matriks yang fungsinya untuk mengukur value sebuah domain.

Tolak Ukur Domain Berkualitas

Tools yang pijari maksud adalah Moz dan Ahrefs. Kebanyakan orang menjadikan kedua tools ini sebagai pakem penilaian untuk menentukan sebuah domain berkualitas. Karena Moz punya matriks penilaian DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority) yang dimana makin besar nilai DA PA dari suatu domain maka bisa dibilang domain tersebut memiliki kualitas yang bagus.

Tidak cuma DA PA, namun Moz juga memiliki indikator penting lainnya seperti SS (Spam Score) bedanya jika spam skor memiliki nilai persentase yang besar maka domain tersebut punya track record domain yang buruk semasa hidupnya.

Beda lagi dengan matriks Ahrefs yakni DR (Domain Rating) dan UR (URL Rating). Pijari kurang tahu dimana letak perbedaan diantara keduanya, karena keduanya selalu memiliki selisih matriks jika dibandingkan, terserah mau percaya ke yang mana. Namun perlu digaris bawahi jika Moz dan Ahrefs diuji dengan URL yang sama mereka akan memiliki perbedaan hasil yang tidak jauh berbeda.

Cara Mencari Aged & Expired Domain Tanpa Aplikasi

Kita kembali lagi ke topik pembahasan utama tentang cara mencari aged domain berkualitas tanpa aplikasi. Sudah banyak sekali aplikasi berbayar yang fungsinya sebagai tools penunjang dalam mencari aged domain maupun expired domain, tools berbayar ini punya harga yang lumayan juga.

Cara mencari aged & expired domain di bawah ini tanpa aplikasi dan hanya menggunakan tools online seperti situs informasi domain mati, da pa checker, ahrefs backlink checker, domain bulk checker.

Tools mencari domain aged & expired

  1. https://domains.tntcode.com/
  2. https://www.godaddy.com/id-id/domains/bulk-domain-search/
  3. https://www.dapachecker.org/
  4. https://ahrefs.com/backlink-checker

1. domains.tntcode.com

Cara Mencari Aged & Expired Domain
Halaman depan domain tntcode

Situs yang secara gamblang memperlihatkan status & data domain yang expired dan baru diperpanjang, penggunaannya cukup sederhana.

Pada kolom search in name gunanya untuk menentukan tipikal nama domain yang ingin kalian cari, contoh: garden maka akan menampilkan domain dengan berbagai ekstensi yang punya embel-embel garden.

Dikolom sebelahnya search #2 in name gunanya untuk menentukan/filter ekstensi, contoh: masukkan ekstensi domain .net maka di tabel Domains found available akan menampilkan seluruh domain .net.

Whois status, whois email, min rank & max rank kita skip aja karena tidak terlalu penting.

Max records menandakan jumlah domain dalam sekali pencarian, nilai 500 berarti berisikan 500 domain expired dalam 1 tabel.

Chars adalah characters atau karakter domain, masukkan nilai 5 yang berarti akan memunculkan domain dengan 5 karakter.

Registration availability ada 3 tipe (any, true & false) pilih true untuk membuat perintah pencarian domain yang available jika di daftarkan.

Gulir ke halaman paling bawah untuk mengcopy alamat domain, CTRL + A > CTRL + C.

2. Domain Bulk Checker dari Godaddy

Cara Mencari Aged & Expired Domain Tanpa Aplikasi
Bulk domain checker by Godaddy

Kenapa saya pilih Godaddy? Karena Godaddy punya sistem filtering domain yang hanya menampilkan domain yang bisa di daftarkan. Maksimal untuk mencari domain massal 500 domain, jadi pas lah ya.

Masukkan domain yang sudah di copy tadi ke dalam bulk domain checker setelah itu klik Cari Domain. Tunggu prosesnya beberapa detik sampai keluar hasil, klik Ekspor > Ekspor Semua, kalian akan mendapatkan file excel berisi domain yang tadi.

3. DA PA Checker

Cara Mencari Aged & Expired Domain Tanpa Aplikasi
Halaman depan dapachecker.org

Sejauh ini dapachecker.org adalah DA PA checker terbaik yang mampu menampung 20 domain per sekali check. Situs checker yang lain paling banyak menampung 10 domain. Kecuali kalian sudah berlangganan Moz bisa langsung mengecek DA PA domain hingga ribuan per sekali check.

Buka file excel yang tadi kalian dapatkan, pilih 1-20 domain, copy dan paste di dapachecker.org, centang I’m not a robot > masukkan dengan benar perintah captcha > klik Check Authority > Tunggu beberapa detik sampai muncul data DA PA domain secara otomatis.

Pilihlah domain yang memiliki DA PA yang nilainya tidak terlalu jauh dan SS yang kecil, contoh: DA 18 PA 20 SS 2%.

4. Ahrefs Backlink Checker

Cara Mencari Aged & Expired Domain Tanpa Aplikasi
Backlink checker by ahrefs

Tools yang terakhir ini menjadi tambahan untuk meyakinkan domain yang kalian pilih, kalian bisa mengintip backlink domain aged/expired, akan lebih bagus jika ada backlink dari situs berita seperti bbc, usatoday, detik, kompas, dll. Hindarkan backlink dari web jepang, kalau ada mending di skip aja.

Memang agak membutuhkan effort yang lebih karena pengecekan DA PA yang terbatas, dari 500 domain bisa 25x bolak-balik excel – dapachecker.org.

Pijari pribadi sampai saat ini masih memakai metode seperti ini untuk mencari domain aged & expired, alhamdulillah sudah mendapatkan beberapa domain aged berkualitas.

Semoga artikel Cara Mencari Aged & Expired Domain Tanpa Aplikasi dapat berguna dan bermanfaat.

Tinggal di Jakarta dan menjadikan blog sebagai hobi sekaligus penghasilan sampingan. Jika ingin lebih tau tentang saya silahkan kunjungi halaman kontak. Mari berteman!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

close