Pengertian Wireless LAN (WLAN) Lengkap

  • Whatsapp
Pengertian Wireless LAN (WLAN) Lengkap
Flowchart dari penggunaan dan fungsi dari wireless LAN (WLAN) via catatanteknisi.com.

Pengertian Wireless LAN (WLAN) Lengkap – Wireless LAN merupakan singkatan dari Wireless Local Area Network, jaringan ini menggunakan gelombang radio atau yang kita kenal dengan wireless sebagai media transmisinya. Untuk menghubungkan itu semua ke perangkat seperti komputer, laptop dan hp ke internet maka dibutuhkan gelombang radio (wireless) tadi.

Penggunaan jaringan WLAN ini sudah luas digunakan karena praktis dan efisien, mengapa demikian? Maintenance jaringan ini terbilang mudah dan tidak menggunakan kabel.

Bacaan Lainnya

Pada umumnya WLAN mempunyai 4 komponen seperti:

  1. Perangkat (Hp atau PC)
  2. Access Point
  3. WLAN Interface
  4. Antena

Perangkat digunakan sebagai media akses internet dengan cara menghubungkan dengan sinyal wireless, dan sebelum itu jika kita ingin menyambungkan WLAN pastilah harus memasukkan kata sandi, kata sandi ini bertujuan untuk mengamankan sinyal wireless dari orang lain atau penumpang gelap yang tidak kita ketahui dengan kata lain tidak dapat digunakan sembarangan orang.

Acces point gunanya untuk merubah sinyal analog menjadi sinyal digital yang dipancarkan dengan sebuah pemancar. Selanjutnya sinyal tersebut disebarkan menggunakan antena, kualitas antena juga mempengaruhi radius jangkauan dari sebuah sinyal yang terpancar.

WLAN Interface inilah yang berfungsi sebagai penangkap sinyal yang dipasang pada perangkat.

Pengertian Wireless LAN (WLAN)

Ada dua mode operasi dasar pada WLAN, pertama mode ad hoc dan kedua infrastructure, dalam mode ad hoc file yang di transmisikan langsung oleh unit seluler secara peer to peer, sedangkan dalam mode infrastructure dilakukan melalui access point, komunikasi yang dilakukan oleh unit seluler yang fungsinya sebagai bridge ke jaringan lain.

Jaringan yang menggunakan Wireless LAN sangat bebas dan fleksibel. Terdapat kemungkinan jika koneksi yang sudah dibuat dapat diakses orang lain juga, karena itulah terdapat lagi mekanisme pengamanan untuk mencegah adanya penyusup masuk ke dalam jaringan WLAN.

Ada 2 jenis enkripsi pada WLAN:

  1. Wired Equivalent Privacy
  2. WI-FI Protect Access (WPA)

Lalu ada istilah komponen dan perangkat yang saling berhubungan disebut sebagai stasiun (STA). Semua stasiun yang terhubung dilengkapi dengan WNIC atau Wireless Network Interface Controllers, fungsinya sebagai pengontrol jaringan yang berbasis wireless audio.

Wireless router adalah station pangkalan utama dalam jaringan nirkabel yang berupa access point, wireless router akan mengirimkan gelombang radio yang bisa di deteksi oleh pengguna smartphone dan PC.

Apa Saja Kelebihan Jaringan Wireless LAN?

  1. Mobilitas tinggi
  2. Instalasi mudah, cepat & murah
  3. Fleksibel
  4. Dapat masuk ke jaringan orang lain

Apa Saja Kekurangan Jaringan Wireless LAN?

  1. Kerahasiaan data kurang terjamin
  2. Sinyal dapat terganggu
  3. Keamanan sinyal lemah dapat dibobol

Selain menggunakan wireless router atau modem kita juga dapat menggunakan fitur hotspot atau tethring di smartphone sebagai pengganti wireless router dan menjadi pangkalan utama dalam sebuah jaringan skala kecil.

Pos terkait