Spesifikasi Komputer Server ANBK Agar Tidak Ngelag!

Spesifikasi Komputer Server ANBK Supaya Gak Ngelag!

Spesifikasi Komputer Server ANBK – Dalam menyelenggarakan ANBK mandiri tentu saja membutuhkan lab komputer yang dimana komputer tersebut mempunyai spek mumpuni setidaknya pada komputer client. Hal ini bertujuan agar komputer mampu menjalankan aplikasi exambro dengan lancar alias tidak terkendala.

Pada komputer server ANBK sangat tidak dianjurkan menggunakan PC All in One atau Laptop, kenapa begitu? Karena keduanya biasanya mempunyai spek komputer yang di bawah standar dan juga dalam pelaksanaannya ANBK membutuhkan komputer server yang telah dipasangi beberapa komponen seperti LAN Card, sehingga ujung-ujungnya di oprek juga.

Jika lab komputer sudah ada, komputer server dan client sudah ada lalu apa lagi hal yang perlu diperhatikan? Tentu saja spesifikasi. Spesifikasi seperti apa yang dibutuhkan untuk menjalankan ANBK mandiri? Kalian bisa simak daftar spesifikasi ANBK di bawah sini.

Rekomendasi Spek Komputer Server ANBK

Rerkomendasi Spek Komputer ANBK
Pelaksanaan ANBK aman, tertib, dan lancar karena spek yang memadai

Untuk spesifikasi komputer server dan client ANBK tentu saja memiliki perbedaan, karena komputer server lebih penting dan harus memiliki spesifikasi yang jauh di atas dari komputer client. Komputer server menampung beberapa client sekaligus bisa sampai 10-15, jika komputer server mati/lag/error tentu saja akan berdampak pada keberlangsungan ujian ANBK.

Spek Komputer Server/Proktor ANBK

  1. Jangan menggunakan PC All in One dan Laptop
  2. Punya prosesor minimal CPU 4 core 64 bit
  3. RAM minimal 8 GB
  4. Harddisk free (kosong) 250 GB
  5. Sistem operasi minimal Windows 10
  6. LAN Card eksternal yang sudah terpasang

Spek Komputer Client ANBK

  1. Boleh pakai PC all in One/Laptop
  2. Prosesor minimal dual core
  3. RAM minimal 2 GB
  4. Ruang penyimpanan bebas (kosong) 10 GB
  5. Sistem operasi minimal Windows 7. Boleh menggunakan OS Linux, Mac OS, Chrome OS, atau Raspberry. Tapi lebih mudah dan sama biasanya sekolah menggunakan Windows.

Aplikasi yang dibutuhkan untuk menjalankan ANBK

  1. VHD Fresh, VHD biasanya dibagikan pada saat rapat antar proktor
  2. Virtual Box paling baru
  3. Browser Proktor
  4. Exambro Admin & Client

Untuk poin 3 & 4 bisa di download dari situs resmi ANBK di https://anbk.kemdikbud.go.id/ ada disebelah kanan di folder prerequisites.

Topologi ANBK

  1. Punya jaringan internet minimal 10 mbps
  2. Settingan IP Statik 192.168.0.xxx
  3. LAN Card
  4. Switch Hub
  5. Alat crimping, kabel lan dan rj45

Spek Komputer ANBK Online

Untuk spesifikasi komputer ANBK semi online atau pun online tidak ada bedanya, spek komputer server semi online seperti di atas juga tidak ada masalah hanya saja yanag membedakan adalah pada bagian jaringan internet yang kuat.

Baca juga:

Penyelenggaraan ANBK online harus punya jaringan internet yang memadai karena jaringan internet ini merupakan jantung dari ANBK online, kalau jaringannya jelek ya wasalam. Jika ANBK semi online minimal 10 mbps maka penyelenggaraan ANBK online harus 20 mbps atau 30 mbps. Jika tidak siswa akan mengalami kendala loading yang cukup lama.

Semoga artikel Spesifikasi Komputer Server ANBK Supaya Gak Ngelag! Dapat berguna dan bermanfaat, jangan lupa bagikan info ini kepada grup operator sekolah kalian.

Tinggal di Jakarta dan menjadikan blog sebagai hobi sekaligus penghasilan sampingan. Jika ingin lebih tau tentang saya silahkan kunjungi halaman kontak. Mari berteman!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

close