Pengertian Latent Needs Beserta Contohnya

Pengertian Latent Needs

Ada tiga jenis kebutuhan customer yang harus di penuhi tujuannya agar start up dapat membuat dan menciptakan produk yang menjadi jalan keluar atau solusi bagi konsumen. Tiga customer needs tersebut yakni, Latent Needs, Existing Needs dan Incipient Needs. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas pengertian latent needs beserta contoh. Simak dibawah ini

Pengertian

Latent Needs adalah kebutuhan yang di perlukan oleh konsumen atau di inginkan konsumen tapi masih belum bisa terpenuhi oleh produk-produk yang telah ada. Termasuk pada kualitas dan kinerja yang dapat di tingkatkan lagi menjadi lebih unggul di dalamnya.

Existing Needs adalah kebutuhan yang sudah terpenuhi dengan produk-produk yang sudah ada.

Incipient Needs adalah kebutuhan yang di perlukan oleh konsumen namun produsen dan konsumen tidak mengiranya, biasanya baru di sadari setelah kebutuhan tersebut di penuhi oleh produk yang muncul kemudian. Kebutuhan ini berdasarkan dugaan atau prediksi masa mendatang dengan atau tanpa perubahan perilaku konsumen, atau bahkan inovasi kebutuhan yang dapat mempengaruhi konsumen untuk melakukan perubahan perilakunya.

Berdasarkan sumber lain pengertian latent needs, permintaan laten atau latent demand adalah keadaan dimana konsumen memiliki kebutuhan untuk suatu produk atau layanan tetapi saat ini belum terpenuhi karena kurangnya ketersediaan dan tenaga.

Mengapa hal itu terjadi? Karena kebutuhan produk dan layanan yang di butuhkan masih belum jelas / terukur sehingga produsen belum dapat memenuhinya.

Apa yang harus dilakukan? Produsen harus memprediksi atau mengukur target pasar potensial dan mengembangkan produk atau layanannya untuk memenuhi permintaan laten tersebut. Sebagian besar produk baru adalah hasil dari permintaan laten.

Contoh

Latent Needs, Existing Needs, dan Incipent Needs :

ItemLatent NeedsExisting NeedsIncipent Needs
PakaianMenutup aurat dan memperbagus penampilanMelindungi dari panas matahari secara langsung, adaptasi suhu ruangan, dan menyerap keringatAnti air, anti noda, tahan panas, kuat, jaitan bagus, luwes (tidak kaku)
TeleponMenunjang komunikasi dua arah secara real-timeSuara yang jelas, tidak putus-putus, tanpa jeda dan jaringan tanpa batasVideo call, chatting, media sosial, aplikasi yang memudahkan
MobilTransportasiKecepatan, kenyamanan, hemat bahan bakar, ac mobil dingin, anti guncanganSabuk pengaman, air bag, sensor benturan, GPS, kamera parkir

Sumber: arifindustri dan cerdasco

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.