Fungsi Menu Explore Pada Google Docs

Fungsi Menu Explore Pada Google Docs

Fungsi Menu Explore Pada Google Docs – Google Docs adalah aplikasi pengolah kata yang dikembangkan oleh Google, aplikasi pengolah kata online ini bisa dipakai gratis caranya hanya dengan mengakses docs.google.com lalu login menggunakan akun google kalian.

Microsoft Word adalah aplikasi pengolah kata yang paling populer, Google sengaja membuat aplikasi tandingan seperti Google Docs dengan fitur yang hampir sama namun dengan pengalaman pengguna yang berbeda.

Salah satunya adalah dengan hadirnya menu explore di Google Docs. Mungkin banyak yang belum mengerti apa fungsi dari menu explore ini, maka dari itu pijari akan membahasnya.


Bagaimana menggunakan Google Docs?

Apa itu Google Docs?
Apa itu Google Docs?

Penggunaan Google Docs pada dasarnya sama seperti Microsoft Word, kalian dapat membuat dokumen berupa surat, formulir, laporan dan lain sebagainya. Untuk apa diciptakan aplikasi yang sama jika fungsi dan kesan pemakaiannya serupa? Maka nya Google menambahkan fitur explore pada Google Docs untuk membuat perbedaan.

Bedanya apa? Yuk simak penjelasan fungsi menu explore pada Google Docs.

Fungsi menu explore di Google Docs untuk mempermudah pengguna dalam memaparkan data yang sedang di analisa, selain itu pengguna juga dapat menggunakan menu ini dalam mengerjakan soal yang berkaitan dengan analisis data. Ketika pengguna memasukkan data ke Google Sheets nantinya secara otomatis akan menampilkan bagan menu explore.

Cara penggunaan menu explore di Google Docs

Arahkan kursos mouse pada bagian pojok bawah (Explore). Klik menu tersebut lalu akan menampilkan bentuk bagan-bagan yang bisa kalian sesuaikan tergantu kebutuhannya.

Bagan yang dipilih dapat berubah secara otomatis mengikuti data yang di masukkan. Dapat diakses melalui perangkat komputer, laptop, tablet dan smartphone kalian.

Fitur voice typing
Fitur voice typing

Baca juga: Cara Microsoft Word Mengetik Sendiri

Fitur lain Google Docs: Voice Typing

Selain fitur explore juga ada yang namanya voice typing. Apa itu voice typing? Buat kalian yang sudah capek mengetik kalian bisa memanfaatkan fitur ini dengan cara berbicara, secara otomatis kata per-kata yang diucap akan otomatis tertulis.

Google Docs akan merekam ucapan yang kalian katakan, untuk cara menggunakan fitur voice typing sebagai berikut.

Cara Menggunakan Voice Typing Google Docs

Pilih Google Docs > Resume > Pilih Tools > Voice Typing > Setelah itu bicara maka teks akan diketik otomatis

Fitur voice typing ini mendukung sedikitnya 40 bahasa termasuk bahasa Indonesia. Untuk menulis tanda titik kalian hanya perlu mengucapkannya.


Menu unggulan lain di Google Docs

  1. Clear Formating fungsinya untuk membuat tulisan yang di paste (tempel) menjadi rapi karena dapat membersihkan style pada kalimat yang di copy.
  2. More Font fungsinya untuk menambah jenis font yang mau digunakan.
  3. Suggestion Mode fungsinya untuk mengedit dokumen secara bersamaan, fitur yang sangat membantu ketika digunakan saat kerja kelompok.
  4. Menambahkan Bookmark fungsinya untuk mengurangi Scroll pada saat membaca, fitur ini umumnya dipakai ketika membaca dokumen/tulisan yang panjang.
  5. Mode Offline fungsinya untuk menggunakan Google Docs secara offline (tidak terhubung jaringan internet).

Kelebihan dan kekurangan pada Google Docs

Kelebihan Google Docs:

  1. Tidak khawatir kehilangan data karena tersimpan secara online di database Google
  2. Dapat diakses dimana saja dan kapan saja bisa di smartphone, laptop atau komputer yang berbeda
  3. Memiliki banyak fitur yang dapat membantu pengguna
  4. Dapat dibuka diberbagai sistem operasi
  5. Punya tampilan pengguna yang mudah dipahami
  6. Dapat menyimpan dokumen dengan berbagai format

Kekurangan Google Docs:

  1. Butuh koneksi internet agar leluasa memakai berbagai fitur
  2. Perlu jaringan internet yang stabil

Kesimpulan pemakaian Google Docs

Jika mengerjakan tugas sambil liburan ada baiknya menggunakan Microsoft Word karena tidak dibutuhkan jaringan internet, tidak di semua tempat ada sinyal jika menggunakan Google Docs.

Semoga artikel Fungsi Menu Explore Pada Google Docs dapat berguna dan bermanfaat.

Tinggal di Jakarta dan menjadikan blog sebagai hobi sekaligus penghasilan sampingan. Jika ingin lebih tau tentang saya silahkan kunjungi halaman kontak. Mari berteman!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

close