Cara Membuat Flash Fiction

Cara Membuat Flash Fiction

Membuat flash fiction atau fiksi mini dapat menghadirkan kepuasan tersendiri di bandingkan membuat cerpen atau novel. Sebab dalam membuat flash fiction kita di tuntut harus menjadi kreatif. Bagaimana tidak, dengan batasan jumlah kata yang minim kita harus menyajikan cerita yang utuh.

Jadi flash fiction ini bukanlah kepingan sebuah cerita, melainkan cerita utuh yang harus mengandung tema, tokoh, plot awal tengah akhir, setting, konflik dan ending. Syarat tersebut wajib terpenuhi bagi siapa saja yang ingin membuat flash fiction.

Sebelum memulai, ada beberapa hal yang perlu kalian ketahui tentang flash fiction ini.

Apa itu flash fiction?

Flash fiction adalah cerita fiksi utuh yang di tulis secara singkat, padat, dan di tutup dengan ending yang mengejutkan atau plot twist. Tidak ada batasan yang jelas dalam jumlah katanya. Biasanya kata yang dipakai 300-1000 kata. Namun rata-rata untuk kompetisi 100-300 kata.

Seiring dengan munculnya berbagai media sosial, flash fiction juga semakin berkembang. Banyak para pengguna twitter menulis flash fiction sampai saat ini. Sehingga muncul istilah tweetfic atau tweetfiction.

Flash fiction juga memiliki karakteristik sendiri yang dapat membuatnya berbeda dengan cerpen dan novel. Berikut karakteristik fiksi mini:
‌Singkat – kebanyakan antara 300-1000 kata
‌Plot lengkap – punya awalan, tengah, dan akhir
‌Plot twist – biasanya memiliki kejutan pada akhir cerita

Tahap pengenalan flash fiction sudah cukup jelas, bukan? Sekarang saatnya kita buat kerangka dengan cara membangun unsur-unsur pada flash fiction.

Unsur-unsur flash fiction

Agar flash fiction kalian dapat bercerita dengan utuh, maka harus memenuhi semua unsur-unsurnya. Unsur flash fiction sebenarnya sama dengan unsur cerpen atau novel.

Tema

Dalam menulis flash fiction, cerpen, maupun novel, harus jelas tema apa yang ingin kita angkat menjadi sebuah cerita.

Tokoh

Tokoh tidak perlu di jelaskan secara detail. Cukup jelaskan secara singkat bahwa dia siapa, sedang apa, dan dalam keadaan apa.
‌Plot awal – pertengahan – akhir
Semua alur dalam cerita harus terpenuhi. Jika ada yang terlewat maka flash fiction tidak akan menjadi cerita yang utuh.

Setting

Setting juga harus terpenuhi secara lengkap, mulai dari tempat, waktu, dan suasana. Cukup secara singkat tidak perlu detail.

Konflik

Harus adanya konflik dalam cerita flash fiction. Jika tidak ada konflik maka tidak bisa disebut sebagai flash fiction

Ending

Buatlah ending yang dapat membuat pembaca tercengang dengan plot twist. Tetapi plot twist-nya harus natural, sesuai dengan tema cerita.

Nahh, pasti kalian sudah dapat gambaran secara jelas, bagaimana cara membuatnya. Namun sebelum kalian mulai menulis, kita akan memberikan tips dalam membuat flash fiction, cekidrott!

  1. Buatlah judul yang menarik
    Buatlah judul yang mampu memicu rasa penasaran calon pembaca. Sehingga tulisan kalian dibaca oleh banyak orang.
  2. Buat 1-2 tokoh saja
    Kalian hanya perlu membuat 1-2 tokoh saja dalam sebuah cerita.
  3. Buat 1 scene
    Buat 1 scene saja, jangan memindah setting ke beberapa tempat. Seperti, jika kalian membuat scene di rumah, kalian cukup membuat konflik di rumah.
  4. Gunakan majas yang kuat
    Kalian perlu menggunakan majas yang kuat pada saat menulis. Ini dapat membuat cerita kalian semakin menarik dan berkualitas.
  5. Gunakan sudut pandang orang pertama
    Ini dapat lebih mudah menarik para pembaca.
  6. Letakkan plot twist pada ending cerita
    Kalian perlu menggunakan plot twist pada akhir cerita. Sehingga membuat cerita kalian semakin menarik dan dapat membuat pembaca kalian tercengang. Mungkin dari semua itu kalian mendapatkan pembaca setia kalian.

So, begitulah cara membuat flash fiction. Sekarang kalian bisa menulis lalu mempostingnya di akun social media kalian.

Mintalah tanggapan pembaca terhadap cerita kalian. Cermati setiap tanggapan yang ada sebagai koreksi. Teruslah berlatih dalam membuat flash fiction, seiring berjalannya waktu kalian akan menjadi sang maestro.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.