Cara Daftar BSU BPJS Ketenagakerjaan

Cara Daftar BSU BPJS Ketenagakerjaan

Cara Daftar BSU BPJS KetenagakerjaanApa itu BSU (Bantuan Subsidi Upah)? Program BSU adalah kebijakan yang dilakukan pemerintah dalam upaya melakukan pemulihan ekonomi nasional dalam rangka memberikan atau mendukung kebijakan keuangan negara untuk penanganan pandemi (Covid-19) yang terjadi pada tahun 2020.

BSU juga merupakan bagian dari stimulus pemerintah yang telah dikoordinasikan dan dibahas bersama Tim Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), Kementerian BUMN, Kemnaker, Kemenkeu, dan BPJS Ketenagakerjaan/BPJamsostek.

Program Bantuan Subsidi Gaji/Upah (BSU) 2022 diberikan 1 kali kepada pekerja/buruh sebesar Rp 600.000 yang memenuhi persyaratan.

Syarat-syarat untuk mendapatkan BSU

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Peserta aktif program jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan s/d Juli 2022
  • Gaji/Upah paling banyak Rp. 3,5 Juta. Pekerja/buruh yang bekerja di wilayah dengan UMP/UMK lebih besar dari Rp 3,5 juta, maka persyaratan gaji menjadi paling banyak sebesar UMP/UMK dibulatkan ke atas hingga ratusan ribu penuh
  • Bukan PNS, TNI dan Polri
  • Belum menerima program kartu prakerja, program keluarga harapan dan bantuan produktif untuk usaha mikro

Apabila dikemudian hari ditemukan bahwa penerima BSU ternyata tidak memenuhi persyaratan, maka yang bersangkutan wajib mengembalikan dana BSU yang diterima ke Kas Negara —Permenaker No. 10 Tahun 2022.

Jika kamu memenuhi persyaratan yang di atas dan belum memiliki akun bsu, maka kamu harus melakukan pendaftaran. Lengkapi pendaftaran akun lalu aktivasi akun dengan menggunakan kode OTP yang akan dikirimkan ke nomor handphone kamu.

Cara Daftar BSU BPJS Ketenagakerjaan

  1. Kunjungi laman berikut ini https://account.kemnaker.go.id/register
  2. Isi Nomor Induk Kependudukan (No.KTP)
  3. Masukkan nama lengkap kamu sesuai dengan KTP
  4. Masukkan nama ibu kandung kamu (Demi alasan keamanan, maka kamu wajib mengisi nama ibu kandung untuk memvalidasi kepemilikan KTP)
  5. Jika Sudah mengisi nama ibu kandung, maka otomatis akan lanjut mengisi alamat email yang aktif
  6. Masukkan nomor handphone yang aktif
  7. Lalu, masukkan password dengan ketentuan berikut:
    • Minimal 8 karakter
    • Terdapat minimal satu huruf kecil
    • Terdapat minimal satu huruf besar
    • Terdapat minimal satu angka
    • Terdapat salah satu simbol: ! @ # $ % ^ & *
  8. Selesai

Jika kamu sudah selesai mendaftar, maka dibagian profil kamu akan tertulis “Belum Terverifikasi“, langkah selanjutnya yaitu melengkapi profil kamu.

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Kamu diharuskan memasang foto profil. Wajah pada profil foto harus jelas. Jika kamu sedang mencari pekerjaan atau pelatihan, foto yang jelas dapat menjadi nilai tambah.
  2. Setelah itu, kamu diwajibkan melengkapi Biodata diri kamu sesuai dengan jelas.
  3. Nama Lengkap, NIK, tanggal lahir, jenis kelamin (akan otomatis terisi karena sudah diisi pada saat mendaftar)
  4. Tempat lahir *Sesuai yang tertera di KTP
  5. Status perkawinan
  6. Tulis alamat kamu sesuai KTP
  7. Isi latar belakang tentang kamu. ini bersifat opsional jadi tidak wajib diisi. Jika diisi maka akan menambahkan nilai plus
  8. Setelah itu, kamu isi alamat dan lokasi domisili. Lengkapi alamat dan lokasi kamu tinggal saat ini yang mana dapat membantumu dalam mencari pekerjaan dan pelatihan
  9. Jika kamu sedang mencari pelatihan, maka centang pada kolom Sedang Mencari pelatihan? Setelah itu klik Selanjutnya
  10. Kamu akan dialihkan dan diharuskan mengisi data pendidikan, tambahkan informasi pendidikan terakhir yang sudah pernah ditempuh
  11. Setelah itu, kalian lanjutkan terus sampai pada langkah ke 9

Jika kamu sudah melengkapi biodata pada profil, kamu bisa dapat Cek Notifikasi. Terdapat 3 tahapan yaitu:

Tahap 1: Calon

Terdaftar – Kamu akan mendapatkan notifikasi apabila telah terdaftar sebagai calon penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU) sesuai dengan tahapan penyerahan data calon penerima BSU dari BPJS Ketenagakerjaan kepada Kementerian Ketenagakerjaan.

Tahap 2: Penetapan

Ditetapkan – Kamu akan mendapatkan notifikasi apabila telah ditetapkan sebagai penerima Bantuan Subsidi Upah.

Tahap 3: Penyaluran

Tersalurkan ke Rekening Kamu – Kamu akan mendapatkan notifikasi apabila dana Bantuan Subsidi Upah telah tersalurkan ke rekening Bank Himbara (Mandiri, BRI, BNI, BTN) atau Bank Syariah Indonesia (khusus untuk kamu yang bekerja di wilayah Aceh). Penyaluran melalui PT. Pos Indonesia akan disampaikan melalui surat pemberitahuan kepada penerima BSU sebagai dasar pencairan dana BSU.

Agar lebih jelas dan rinci kamu juga dapat membaca artikel Cara Mengecek Penerima Dana BSU BPJS Ketenagakerjaan (https://www.pijari.com/blog/cara-mengecek-penerima-dana-bsu-bpjs-ketenagakerjaan/)

Itulah Cara Daftar BSU BPJS Ketenagakerjaan. Semoga artikel ini dapat membantu.

Tinggal di Jakarta dan menjadikan blog sebagai hobi sekaligus penghasilan sampingan. Jika ingin lebih tau tentang saya silahkan kunjungi halaman kontak. Mari berteman!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

close