Apa Itu Krisis Identitas? Tanda Kamu Sedang Mengalami Krisis Identitas

Apa Itu Krisis Identitas? Tanda Kamu Sedang Mengalami Krisis Identitas

Apa itu krisis identitas? Banyak diantara kalian yang mendengar kata krisis identitas dan mungkin kamu pernah mengalami krisis identitas, bahkan bisa jadi kamu sedang mengalaminya saat ini. Itu semua karena tidak semua orang dapat mengenali apa yang ada dalam dirinya. Sebagian mungkin mengalami kesulitan untuk mencari apa sih tujuan mereka hidup sebenarnya? Mereka yang belum mengerti betul dengan dirinya sendiri bisa dinamakan krisis identitas.

Apalagi jika kamu tipikal orang yang suka ikut-ikutan orang lain (biar kaya orang-orang) tanpa memiliki acuan untuk bertindak. Mereka yang sedang mengalami krisis identitas juga cenderung memiliki karakter yang kurang kuat, karena mereka belum menemukan warna mereka. Biasanya krisis identitas itu paling sering dialami oleh remaja.

Ada beberapa hal yang memengaruhi remaja lebih rentan mengalami krisis identitas.

  1. Perubahan fisik dari anak-anak kemudian menjadi remaja
  2. Adanya kematangan seksual, yakni adanya ketertarikan pada lawan jenis
  3. Kematangan dalam berpikir. Tidak hanya berpikir pada diri sendiri, namun ada juga kaitannya dengan dirinya dan orang lain, serta dengan masa depan

Ada pernyataan bahwa perempuan lebih besar peluangnya mengalami krisis identitas, masa iya? Jadi, sebenarnya krisis identitas ini gak berpengaruh pada jenis kelamin. Namun, jika dilihat dari sifat para ladies, sepertinya statment tersebut ada benarnya juga.

Tetapi yang pasti baik perempuan atau laki-laki, semua dapat mengalami krisis identitas. Hanya faktor usia saja, remaja lebih rentan terkena dibanding orang dewasa atau anak-anak.

Nah, ada faktor lain yang bisa memicu remaja mengalami krisis identitas yaitu masa kecil. Hal tersebut lantaran mencakup beberapa aspek, misalnya, pengalaman berhasil yang dicapainya, apresiasi yang didapatkan dari orang penting dalam hidupnya, kemandirian, dan hubungannya dengan keluarga atau teman sebayanya.

Untuk mengetahui apakah kamu saat ini sedang mengalami krisis identitas atau tidak, kamu bisa melihat sendiri tanda di bawah ini apakah ada di dalam dirimu?

Apa Itu Krisis Identitas? Tanda Kamu Sedang Mengalaminya

1. Kamu Tidak Mendengarkan Kata Hatimu

Terkadang kita harus mendengarkan apa kata hati kita sendiri. Karena seringkali orang-orang mengabaikan hati kecil mereka. Mereka tidak mau terbawa emosi terlalu dalam. Padahal kata hatimu dapat menuntunmu untuk menemukan apa sih identitasmu yang sebenarnya? Siapa sih kamu itu? Kamu perlu melakukan deep talk dengan dirimu sendiri sehingga nanti kamu akan paham apa yang harus kamu lakukan setelahnya. Banyak para motivator mengatakan “Hati kecilmu tidak pernah salah” jadi cobalah untuk mendengarnya sekali saja.

2. Kamu Mementingkan Keinginan Daripada Kewajiban

Ingat! Keinginan manusia tidak pernah ada habisnya.Jadi, jika kamu selalu mementingkan keinginanmu maka sampai kapan pun kamu tidak akan pernah puas. Seharusnya yang lebih kamu prioritaskan adalah kewajiban.

Jika kamu sudah dapat melawan hawa nafsumu sendiri untuk meminggirkan keinginan dan mendahulukan kewajiban, maka kamu sudah memiliki karakter yang kuat. Hal ini yang dapat menuntun mu menemukan identitas dirimu.

3. Kamu Tidak Belajar Dari Pengalaman

Ketika kamu selalu mengulangi kesalahan yang sama dan cenderung enggan belajar dari kesalahan masa lalu, mungkin kamu masih bingung dengan dirimu sendiri atau memang kamunya yang terlalmpau bodoh. Apalagi jika kamu tidak merasa malu ataupun bersalah ketika melakukan kesalahan yang sama terus-menerus.

Meski kamu tahu nantinya apa yang kamu lakukan itu akan berakhir buruk, kamu tetap bersikeras berubah. Kamu sedang krisis identitas karena membiarkan emosi mempengaruhi logikamu.

4. Kamu Berubah Menjadi Individu Berbeda Ketika Bersama Orang Lain

Ini merupakan ciri paling umum yang dialami oleh mereka yang sedang mengalami krisis identitas. Karena belum menemukan karakter yang menonjol, mereka cenderung selalu berubah-ubah ketika bersama orang lain. Sulit menentukan karakter mereka yang sering berganti.

Meski menyenangkan memang bisa menjadi orang yang berbeda-beda tergantung siapa yang kita ajak bicara. Namun ini membuatmu menjadi orang yang plin-plan karena tidak memiliki karakter yang kuat.


Setelah membaca artikel ini mungkin sedikitnya kamu tersadar dan memikirkan kembali kejadian lalu, tidak apa menyesal asal dibarengi dengan pemikiran yang lebih dewasa.

Nah, itulah tulisan admin mengenai pembahasan krisis identitas. Jika tanda di atas ada dalam dirimu, kamu harus mulai belajar untuk lebih mengenal dan mencintai diri sendiri mulai sekarang.

Semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat.

Tinggal di Jakarta dan menjadikan blog sebagai hobi sekaligus penghasilan sampingan. Jika ingin lebih tau tentang saya silahkan kunjungi halaman kontak. Mari berteman!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

close