5 Contoh Aplikasi Cloud Computing Terbaik

  • Whatsapp
5 Contoh Aplikasi Cloud Computing Terbaik
Sumber gambar linknet.id

5 Contoh Aplikasi Cloud Computing – Komputasi atau Computing adalah perpaduan dari pemanfaatan teknologi komputer pada suatu jaringan dengan pengembangan yang didasari oleh internet (Cloud).

Menurut bagidata.com, Cloud Computing dapat memudahkan penggunanya untuk dapat menjalankan program tanpa harus menginstall atau memasang aplikasi dan program, hal ini tentu mempermudah pengguna untuk dapat mengakses informasi melalui internet karena melewati serangkaian proses instalasi untuk langsung menuju pada inti yang dicari.

Bacaan Lainnya

Sederhananya aplikasi Cloud Computing punya sistem yang dapat mempermudah pengguna untuk mengakses berbagai data yang tersimpan pada sistem tersebut, dimanapun kapan pun dan siapa pun asalkan terkoneksi dengan jaringan internet.

Berikut ini adalah contoh aplikasi Cloud Computing yang bisa kamu coba dan jadikan referensi.

5 Contoh Aplikasi Cloud Computing

Aplikasi Cloud Computing
Sumber gambar cloudcomputing.id

Mungkin beberapa diantara contoh aplikasi Cloud Computing ini ada yang sudah familiar digunakan namun baru diketahui jika itu adalah bagian dari aplikasi Cloud Computing, langsung saja berikut ini contoh aplikasi Cloud Computing mulai dari yang berbayar sampai gratis.

1. Google Drive

Layanan penyimpanan online besutan Google ini termasuk ke dalam contoh aplikasi Cloud Computing. Diluncurkan pada tahun 2012 aplikasi ini sekarang menjadi raksasa dan top mind orang-orang dalam menggunakan aplikasi Cloud Computing.

Google Drive memberikan gratis penyimpanan sebesar 5 GB pada tiap akun, kapasitas ini pun dapat ditambah apabila kamu melakukan upgrade (berbayar).

Google Drive sangat bermanfaat untuk memudahkan pengguna dalam mengakses file dimana pun, kapan pun, hanya dengan menggunakan akses internet. Kamu bahkan dapat mengakses aplikasi Cloud Computing ini di komputer, laptop, tablet dan smartphone.

2. Microsoft Azure

Contoh aplikasi Cloud Computing selanjutnya adalah Microsoft Azure, aplikasi ini dirilis pada 2010 yang lebih dulu 2 tahun ketimbang Google Drive.

Awalnya dikenal sebagai Windows Azure namun berganti nama di tahun 2014 menjadi Microsoft Azure. Secara konsep Cloud Computing adalah proses penyimpanan dan akses file menggunakan jaringan internet, yaa kurang lebih penggunaannya sama seperti Google Drive.

Keunggulan Microsoft Azure adalah kamu dapat menyewa tempat dan lingkungan pada sistem tersebut seperti sistem operasi, data engine, network dsb untuk menjalankan aplikasi yang dibuat. Intinya lebih kompleks dan penggunaannya bisa lebih bebas.

3. Dropbox

Contoh aplikasi Cloud Computing berikutnya yaitu Dropbox, aplikasi Cloud Computing ini cukup terkenal dan banyak digunakan hingga lebih dari 400 juta pengguna aktif.

Dropbox sangat direkomendasikan untuk kamu yang melakukan bisnis, kamu dapat melakukan trial untuk menjajal fitur canggihnya.

4. Adobe Creative Cloud

Dari namanya saja kita sudah bisa menebak jika ini adalah contoh aplikasi Cloud Computing yang dibuat oleh Adobe. Adobe Creative Cloud punya banyak fitur untuk mengakses berbagai program khususnya yang berkaitan dengan desain grafis seperti fotografi, pengembangan website, edit video (Photoshop, Adobe Premier, After Effects) dan program keluaran Adobe lainnya.

5. Slack

Contoh aplikasi Cloud Computing yang menyediakan layanan komunikasi antar tim, Slack dapat digunakan sesuai kebutuhan ada yang gratis dan berbayar.

Slack sejatinya seperti pesan instan yang digunakan sebagai media komunikasi, baik secara personal maupun tim. Penggunanya juga dapat mengirim berkas seprti dokumen, foto, video dll.

Pos terkait